Mengenal Kisah Imam al-Ghazali beserta Karamah nya

Mengenal Imam al-Ghazali

Nama Lengkap beliau adalah Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al Ghazali ath-Thusi asy-Syafi'i
Abu Hamid adalah kuniyah Imam Ghazali dikarenakan salah seorang dari anak imam Al-Ghazali bernama Hamid.

Beliau di gelar dengan al-Ghazali ath-Thusi dikarenakan tempat kelahiran beliau yaitu di Ghazalah salah satu tempat di Bandar Thus, Khurasan, Persia (Iran).
 
Kisah Singkat Imam al-Ghazali 

Imam al-Ghazali berasal dari keluarga yang miskin, Ayahnya bekerja sebagai pemintal bulu kambing di tempat kelahirannya yaitu Di Ghazalah, Khurasan, Persia atau sekarang di kenal dengan negara Iran.
Namun demekian, Ayah Imam Ghazali mempunyai cita-cita yang tinggi yaitu berharap agar nanti anaknya menjadi orang alim dan saleh, Akhirnya dengan berkat kegigihan ayah nya dalam mendidik dan berdoa kepada Imam al-Ghazali cita cita ayahnya di kabulkan oleh Allah.
Sehingga Imam Al-Ghazali menjadi seorang ulama ahli tauhid, ahli filsafat Islam, ahli tasawuf, yang sangat terkenal, juga beliau (imam al-Ghazali) banyak memberi sumbangan bagi perkembangan kemajuan manusia. Ia pernah memegang jabatan sebagai Naib Kanselor di Madrasah Nizhamiyah, pusat pengajian tinggi di Baghdad. 


Dikutip dari matan kitab yang kami temukan berkenaan imam al-Ghazali : 

المنهج السوي ص ٤١٨.

و لم يختلف النقل أنه المجدد للدين على رأس المئة الخامسة من السنين.

الفوائد المختارة ص ٤٩٠.

قال بعضهم : الفرق بين علماء الدنيا و الآخرة محبة الغزالي فمن أحبه فهو من علماء الآخرة و من أبغضه فهو من علماء الدنياء .

المنهج السوي ص ٤١٨.

قال بعضهم : لو بعث الله نبيا بعد نبينا محمد صلى الله عليه و سلم لبعث الإمام الغزالي و بكانت مؤجزته في كتبه أي لو جاز ذلك و لكنه غير جائز.

و كان الشيخ أبو الحسن الشاذلي رضي الله عنه يقول لأصحابه : من كانت له إلى الله حاجة فليتوسل بالإمام الغزالي رضي الله عنه.

قال الشيخ القطب عبد الله العيدروس نفع الله به : أجمع العلماء العارفين بالله على أنه لا شيء أنفع للقلب و أقرب إلى رضا الله من متابعة الغزالي و محبة كتبه.

شرح العينية ص ٩٢.

قال سيدنا القطب عبد الله بن أبي بكر العيدروس : لو بعث الله الموتى لما أوصوا الأحياء إلا بما في الإحياء.

و الله أعلم.

Penjelasan :

Imam al-Ghazali adalah salah satu mujaddid agama pada abad ke 5 dan hal ini telah di sepakati oleh para ulama.
Barang siapa yg mencintai Imam Al-Ghazali maka dia termasuk ulama akhirat dan barang siapa membenci beliau maka dia termasuk ulama dunia.

Seandainya allah mengutus lagi seorang nabi setelah rasulullah maka allah akan mengutus imam ghozali menjadi seorang nabi dan akan allah jadikan mu'jizatnya pada kitab kitab nya , akan tetapi ini mustahil.

al imam al qutb abul hasan asy syadzili berkata : 
Barang siapa yang mempunyai hajat pada allah maka hendaklah dia bertawasul dg imam ghozali.

al imam al qutub al habib abdullah al idrus Berkata :
telah bersepakat para ulama arifin bahwasanya tidak ada sesuatu apapun yg lebih bermanfaat untuk hati dan lebih bisa mendekatkan kepada keridoan allah ,

Dari mengikuti imam ghozali dan mencintai kitab kitabnya.

Beliau juga berkata :
Seandainya allah bangkitkan orang orang yg telah meninggal maka mereka benar benar akan berwasiat kepada orang yg hidup atas apa yg ada di kitab ihya al imam ghozali.

Karamah Imam al-Ghazali :

al-Munawi pernah berkata : Ketika Qadhi 'Iyyad mengeluarkan fatwa agar kitab Ihya' dibakar, disampaikan berita tersebut kepada Imam al-Ghazali, maka beliau berdoa keatas Qadhi 'Iyyad. Secara tiba-tiba Qadhi 'Iyyad mati ketika berada di dalam tandas.
pendapat lain mengatakan bahwa al-Mahdi (khalifah ketika itu) yang menyuruh agar Qadhi 'Iyyad dibunuh ketika  berada di dalam tandas.

al-Munawi juga berkata: Di antara karamah beliau adalah apa yang telah riwayatkan oleh al-Yafi'e daripada Ibnu al-Mailaq daripada al-'Arsyi daripada al-Mursi daripada al-Syazili daripada Syeikh Ibnu Hizam:

Beliau (Ibnu Hizam) keluar bersama-sama dengan sahabatnya dan bersamannya terdapat sebuah kitab. Beliau berkata: Adakah kamu tahu kitab ini? Mereka berkata: Ini kitab Ihya'.

Adalah Syeikh Ibnu Hizam memfitnah Imam al-Ghazali dan melarang orang membaca kitab Ihya'. Beliau menunjukkan badannya kepada sahabat beliau dan terdapat kesan dipukul dengan cemeti pada badannya.

Beliau berkata: al-Ghazali telah datang dalam mimpiku dan memanggilku bertemu dengan Rasulullah ﷺ. Ketika mana kami berada di hadapan Rasulullah, al-Ghazali berkata: Lelaki ini mendakwa aku berkata sesuatu yang tidak engkau (Rasulullah ﷺ) katakan.
Maka Rasulullah ﷺ memerintahkan al-Ghazali memukulku maka beliau memukulku.

Kisah wafatnya Imam al-Ghazali :

Didalam kitab Ats-Tsabât 'indal Mamât, Abul Faraj ibn al-Juuzi bercerita yang cerita tersebut di ambil dari Imam Ahmad yaitu saudara kandung Imam al-Ghazali. 

Tepat pada Tanggal Senin 14 Jumadil Akhir 505 H, saat terbit fajar, Imam al-Ghazali mengambil wudhu lalu menunaikan shalat shubuh. 

Selesai shalat,  Imam al-Ghazali berkata, "Saya harus memakai kain kafan.” Lalu ia mengambil, mencium, dan meletakkan kain kafan tersebut di kedua matanya. 

Selanjutnya, Imam al-Ghazali berkata : “Saya siap kembali ke hadirat-Mu dengan penuh ketaatan dan kepatuhan (sam‘an wa thâ’atan lid dukhûli ‘alal mulk).” 

Ia pun meluruskan kedua kakinya, menghadap arah kiblat, lalu kembali kepada Sang Kekasih untuk selama-lamanya. 

Innâlillâhi wa innâ ilaihi râji‘ûn, Imam al-Ghazali wafat pada 19 Desember 1111 dan dikebumikan di desa Thabran, kota Thus. 

Proses wafatnya yang tenang, damai, dan indah yang mencerminkan kualitas kehambaannya selama beliau hidup. Kepergiannya ditangisi para ulama, murid-muridnya, dan jutaan umat Islam. Imam al-Ghazali mewariskan ratusan karya tulis, teladan, dan keilmuan yang tak lekang oleh zaman




Previous Post Next Post